TIPS LULUS UJI PENGETAHUAN UKMPPG 2020 TANPA MENGULANG

brodanni.com - Uji Pengetahuan, atau kawan-kawan pejuang PPG sering menyingkatnya dengan UP merupakan kegiatan penentu yang harus dilewati oleh mahasiswa PPG, baik itu yang PPG dalam jabatan maupun PPG prajabatan yang tentunya para pendidik sekalian sudah paham dimana letak perbedaan keduanya. Sebelum menghadapi kegaiatan sepenting UP UKMPPG ini, mahasiswa PPG berkewajiban untuk bersiap diri secara spiritual, mental maupun secara pengetahuan. 


Sering kita mendengar bahwasannya di tahun 2019 ataupun tahun-tahun sebelumnya banyak mahasiswa PPG tidak lulus pada tahap ini, oleh sebab itu anda yang sudah ditetapkan sebagai calon peserta ataupun peserta program PPG perlu mengetahui beberapa tips dalam menghadapi UP tersebut.

Baca Juga : Soal UKMPPG Kompetensi Pedagogik dan Pembahasannya

Tips berikut ini merupakan pengalaman pribadi saya dalam mengikuti program PPG Dalam Jabatan tahap yang ke – 3 di LPTK UPI Bandung tahun 2019, dan berkat ikhtiar serta do’a Alhamdulillah saya dinyatakan lulus Uji Pengetahuan (UP) pada saat pengumumuan UKMPPG pada bulan desember 2019.

Tulisan ringan ini sangat cocok bagi kawan-kawan yang pada saat ini akan mengikuti program PPG 2020, baik itu program PPG Dalam Jabatan maupun PPG Prajabatan agar bisa siap lebih dini dalam mengikuti kegiatan tersebut. Tips ini dibuat simple dan tidak berbelit - belit dalam memaparkan penjelasannya dan saya sangat yakin para peserta PPG bisa melakukannya dengan baik.

Berikut beberapa tips agar lulus Uji Pengetahuan (UP) UKMPPG di tahun 2020 versi saya,TIPS LULUS UJI PENGETAHUAN UKMPPG 2020 TANPA MENGULANG !

Baca Juga : Soal Kompetensi Profesional IPA UKMPPG 


BERDOA

Sebagai muslim, saya sangat meyakini doa adalah senjata paling ampuh dan paling mutakhir yang akan selalu relevan dengan keadaan apapun terutama sebagai penentu kelulusan UP UKMPPG ini. Mengapa demikian? banyak teman-teman yang pada proses lokakarya kemampuannya biasa-biasa saja (saya salah satunya) tapi bisa lulus tahap akhir ini. Ada beberapa teman yang aktif, tampak rajin serta pintar menurut penulis tapi pada akhirnya saat pengumuman dinyatakan tidak lulus dan harus melakukan UP ulang. Nah, di sinilah faktor pentingnya doa, doa tak terlihat namun terasa faedahnya. Saya masih ingat dengan jelas petuah seorang teman yang menurut penulis beliau juga "master" di bidang Fisika , yang berujar jadikanlah doa mu “trending topic” agar bisa dikabulkan. Faktor keberuntungan berperan di sini, berkat doa. Karena keberuntungan dapat mengalahkan kepintaran. Bukankah begitu?


MEMBUAT GROUP BELAJAR

Salah satu wujud ihktiar selain berdoa adalah berusaha memantaskan diri dengan belajar. Belajar bisa dilakukan secara mandiri maupun secara berkelompok dengan membuat group belajar pada saat lokakarya di LPTK.

Ada kisah menarik dimana penulis pada saat lokarya di Bandung, tepatnya di LPTK UPI. Group belajar kami selalu menarik dan rami dengan pembahasan materi serta soal-soal, karena kebetulan penulis bersama dengan teman-teman prodi IPA memakai satu rumah 2 lantai  untuk tempat tinggal selama 2 bulan yang ditempati 25 orang . Dengan iklim kekeluargaan yang sudah terbentuk, betapa serunya group belajar kami kala itu. Lhoh, kok malah jadi curhatan nostalgia begini ya? Membuat group belajar maupun group diskusi memiliki beberapa keunggulan di banding dengan belajar secara mandiri. Kurang lebih keunggulannya seperti ;


  • Bisa bertukar pikiran terkait materi yang belum atau yang susah di pahami
  • Lebih mudah mendapatkan cara cepat penyelesaian soal dari teman-teman segroup  yang sudah berpengalaman mengajar bertahun-tahun.
  • Memupuk rasa persaudaraan dan memperkuat tali silaturahmi.
  • Mengurangi ketegangan di saat jauh dari keluarga tercinta

MEMBUAT RANGKUMAN ATAU MIND MAPPING

Membuat rangkuman ataupun mind mapping sangat berguna sekali untuk memetakan beberapa hal yang penting dari sebuah modul yang sedang kita baca. Rangkuman ataupun mind mapping sangat membantu kita lebih mudah mengingat substansi materi yang kita pelajari, tentunya di buat dengan gaya bahasa kita sendiri agar mudah mengingatnya dan di tulis di buku khusus.


JANGAN MENUNDA BELAJAR

Berdasarkan informasi yang penulis peroleh via group percakapan, PPG tahun 2020 ini akan dilaksanakan di bulan Juli 2020 dan dilakukan dengan moda daring. Bagi para pembaca yang telah terdaftar ada baikya belajar dari sekarang tanpa menunda-nunda. Mulailah belajar dengan mencari referensi-referensi yang sudah beredar sebelumnya, baik itu beredar via group-group percakapan maupun via web yang ada di internet.Percayalah, pada saatnya nanti sudah belajar di LPTK waktu belajar kita lebih sedikit karena kita di push untuk menyelesaikan tugas-tugas membuat perangkat pembelajaran, tugas-tugas PPL dan mempersiapkan Uji Kinerja, jadi mulailah belajar dari sekarang.


BERLATIH MENGERJAKAN SOAL-SOAL

Berlatih mengerjakan soal-soal akan membantu kita dalam mengenali bentuk soal yang nantinya akan muncul. Apabila dirasa ada soal yang belum dikuasai, tanyakanlah di grup belajar atau group diskusi. Dengan sering kita berlatih, maka intuisi otak dan hati kita akan terbentuk dengan sendirinya. Hal ini penting untuk bisa meningkatkan konsentrasi kita dalam mengerjakan soal UP UKMPPG. 


JAGA KESEHATAN

Apalah artinya sampai di LPTK yang sudah di tunjuk oleh pihat terkait, apabila kita sakit pada saat pelaksanaan lokakarya PPG dan tidak bisa mengumpulkan tugas sesuai deadline? Untuk bisa menghindari hal-hal tersebut kita wajib menjaga kesehatan. Bukanya apa-apa, kegiatan pada saat lokakarya itu full di kampus sampai sore dan malamnya ketika kita pulang ke kost pun masih disibukkan dengan pengerjaan tugas-tugas lainnya. Mulailah menjaga kesehatan dengan mengatur pola tidur dan pola makan tentunya. 

Baca Juga : Soal Try Out UKMPPG Sesuai Kisi-Kisi

Demikian sekelumit tulisan mengenai Tips Lulus Uji Pengetahuan UKMPPG Tanpa Mengulang ala penulis yang disarikan berdasarkan pengalaman pribadi penulis selama mengikuti kegiatan PPG di LPTK UPI Bandung, semoga para pembaca yang sedang berjuang di program PPG bisa lulus semuanya dan bisa mengikuti jejak para pendidik hebat lainnya dengan sekali tes UP PPG langsung lulus tanpa mengulang.


Baca Juga : Seputar Berita PPG, IPA SMP dan Berita Pendidikan Lainnya