17 Peluang Usaha Rumahan untuk Ibu Rumah Tangga

Inilah 17 peluang usaha rumahan untuk ibu rumah tangga yang bisa ANda coba dan praktikkan. Yuk dimulai. Semoga menginspirasi para pembaca semuanya

Brodanni - Hari ini, tentu sudah banyak penggenggam internet yang getol mencari artikel seputar peluang usaha rumahan untuk ibu rumah tangga. Bukan hanya mereka, bisa jadi Anda salah satunya. Betul? Kalau tidak, tentu tak mungkin banyak artikel yang membahas masalah ini.

Peluang Usaha Rumahan untuk Ibu Rumah Tangga

Di artikel ini, kita akan tahu secara lengkap apa saja ide bisnis rumahan yang bisa Anda coba. Barangkali ide-ide yang akan kita bahas nanti akan menginspirasi Anda. Bisa jadi malah Anda belum memikirkan sebelumnya.

Macam-macam usaha rumahan di dunia ini banyak sekali. Tidak hanya satu, dua, atau tiga. Berlipat-lipat dari itu. Tentu hal ini akan memacu adrenalin Anda untuk menggeluti bisnis rumahan, bukan?

Di antara kesulitan ekonomi yang semakin menjadi-jadi, seorang ibu rumah tangga tentu tidak bisa tinggal diam melihat keadaan finansial yang begitu. Semua perlu peningkatan.

Siapa yang mau menyekolahkan anak-anak kalau bukan orang tua? Siapa yang mau membeli sayuran kalau bukan ibu rumah tangga? Semua perlu biaya yang tak sedikit.

Hal ini bisa jadi yang membuat para ibu rumah tangga banyak memutar otak bagaimana cara mengatasi kebutuhan itu semua. Salah satunya adalah dengan cara browsing di internet. Kemudian mencari-cari artikel mana yang bisa membantu memberikan solusi pada mereka.

Baca Juga : Mempelajari Pengertian Usaha Dalam Kewirausahaan Ekonomi Indonesia

Kenapa? Di artikel ini, kami tidak hanya menampilkan daftar peluang usaha rumahan, tetapi juga disertai pembahasannya secara singkat. Selain itu, kami juga akan menyertakan beberapa link referensi untuk Anda agar bisa dipelajari lebih banyak.

Memiliki usaha rumahan sendiri tentu akan memberi banyak pilihan untuk Anda. Salah satunya adalah Anda akan memiliki keleluasaan atau kebebasan waktu yang tidak bisa dirasakan oleh orang kantoran manapun.

Kerja kapan saja. Entah setelah edisi mencuci pagi hari. Entah setelah momong bayi. Atau mungkin bisa dilakukan sambil gendong anak sampai dia tertidur.

Banyak contoh di luar sana usaha ibu rumah tangga yang sukses dengan modal relatif kecil. Bahkan ada yang tanpa modal sama sekali.

Kapan-kapan kita bahas ya, di artikel tentang “Tokoh Kita”. Kali ini, kita bahas tentang 17 peluang usaha rumahan untuk ibu rumah tangga dulu. Apa saja? Cekidot!

1.    Jual Gorengan

Jangan salah, lho. Dengan bisnis gorengan, banyak orang yang sudah membuktikan dengan sebuah kesuksesan. Mulai dari omset sedikit juga sampai banyak juta.

Apa saja gorengan yang bisa dijual? Macam-macam, salah satunya, Anda bisa lihat di artikel sebelumnya yang kami tulis.

Jualan gorengan bisa jadi momok yang menakutkan untuk pesaing usaha dari kelas elit. Salah satu faktornya karena bahan-bahan untuk bikin gorengan cenderung mudah didapatkan. Tidak neko-neko, dan pas di kantong pembeli.

Baca Juga : Peluang Usaha Budidaya Sayuran Organik

Anda bisa memulainya dari rumah sendiri. Anda tawarkan mulai dari keluarga sendiri. Tanyakan coba, apakah gorengan buatan Anda spesial atau tidak.

Kenapa harus spesial? Tentu saja harus. Soalnya di luar rumah banyak penjual yang menjual gorengan enak.

Menampilkan gorengan spesial sekaligus unik akan menempatkan Anda pada posisi yang belum ditempati oleh orang lain. Itu berarti tingkat persaingan yang akan Anda tempuh relatif kecil.

Hal itu akan mempermudah Anda untuk melenggang di pasar. Bahkan kalau beruntung, Anda malah akan menginspirasi banyak orang dan mereka pun mengikuti jejak Anda. Di situlah kekuatan membentuk generasi.

Contoh usaha rumahan untuk ibu rumah tangga yang bisa Anda coba banyak sekali. Tapi mulailah dengan hal sederhana. Misalkan Anda ingin jualan singkong goreng.

Satu pertanyaan mendasar yang harus Anda jawab adalah “Bagaimana bentuk produk singkong goreng saya ketika beredar di pasaran?”

Sudah ada yang jual kue singkong. Berarti Anda harus ganti ide. Sudah ada yang jual singkong keju. Berarti Anda harus ganti ide lagi. Sudah ada yang jualan singkong rasa sapi. Berarti Anda harus ganti ide lagi.

Teruslah berinovasi sampai Anda memiliki produk singkong yang unik dan berbeda dengan yang lain. Misal, Anda ingin menjual “singkong lele” dengan bahan dasar tepung tapioka olahan sendiri dicampur dengan daging lele yang sudah digiling. Kemudian tambahkan bahan lain yang bisa bikin gorengan Anda tampak kokoh dan kaya akan nutrisi.

Pertanyaan berikutnya tentu seputar, “Bagaimana agar produk singkong lele buatan saya tidak amis?” Nah itulah tantangan Anda. Soalnya sudah ada ibu rumah tangga yang sanggup mengolah lele menjadi cendol tanpa amis sama sekali. Anda bisa menirunya ataupun membaca beritanya di sini.

Merasa tertantang?

Bisnis gorengan? Why not?

Ambil peluang usaha rumahan itu. Lebih cepat lebih baik. Sebab, permintaan pasar tentang aneka gorengan itu bisa dikatakan stabil.

2.    Publisher Iklan

Perihal iklan itu tidak hanya ada di televisi, lho. Anda bisa mengambil kesempatan ini menjadi peluang usaha rumahan Anda sendiri. Bagaimana bisa? Tentu saja banyak caranya.

Salah satunya adalah dengan membuat blog dan akun media sosial (Youtube misalnya). Bisa dengan Google Adsense, PPC, PPA, media sosial, ataupun website. Bebas. Semuanya itu tentu bisa jadi media untuk Anda menerima komisi dari pengiklan.

Sudah banyak buktinya kalau ibu rumah tangga sekalipun bisa meraup jutaan rupiah dari penghasilan iklan. Tidak hanya ibu rumah tangga, bapak rumah tangga pun banyak yang ikutan. Serius.

Kalau Anda masih asing dengan yang namanya bisnis iklan via online, bisa langsung cari di Google. Contohnya banyak sekali. Tapi saran kami, hal pertama yang perlu Anda pelajari adalah cara membuat blog dulu sebelum memikirkan cara mendapatkan uang dari aktivitas ngeblog. Silakan.

3.    Perancang Acara Pernikahan

Untuk sepasang manusia yang saling mencintai pasti mendambakan acara pernikahan yang benar-benar sesuai keinginan.

Keinginan itu bisa meliputi tema dekorasi ruangan, lokasi pernikahan, anggaran biaya untuk dialokasikan untuk kebutuhan aneka makanan yang layak disediakan untuk tamu undangan, fotografer, sampai rancangan bulan madu. Lengkap dan paket komplit. Itulah yang banyak dicari-cari.

Acara pernikahan dengan rancangan maksimal akan menambah kesan wah di mata para tamu. Bagi duo sejoli calon manten itu tentu cukup kerepotan kalau harus mengurus rencana pernikahan sendiri. Ada yang lebih penting dari merencanakan pernikahan bagi mereka. Apa itu? Honeymoon. Heee.

Untuk itu, tak terhitung banyaknya orang kini membutuhkan wedding planner atau dalam bahasa kita namanya perancang acara pernikahan yang handal. Peluang usaha ini tentu bisa Anda manfaatkan sebagai bisnis rumahan. Sebab, ide kreatif tidak membutuhkan kantor yang pasti.

Anda hanya butuh peralatannya seperti komputer, jaringan internet, dan juga website tempat Anda menjual ide Anda soal rancangan pernikahan.

Baca Juga : Usaha Rumahan di Desa Terpencil : Ini 5 Macamnya!

Tinggal klik ini-itu di rumah, Anda langsung bisa berinteraksi dengan para pencari jasa Anda. Caranya Anda bisa bikin website sendiri dengan tema wedding planner ataupun bisa menjual jasa dengan bergabung di forum untuk menjual jasa Anda.

Bayaran yang Anda terima bisa ratusan ribu hingga jutaan rupiah hanya dengan satu ide kreatif tergantung kompleksitas rancangan pernikahan yang Anda buat. Cukup menawan bukan?

4.    Programmer Website

Apakah Anda punya kemampuan memahami HTML, CSS, PHP, SEO, dan Java? Bahasa pemrograman seperti yang tersebut itu sangat berguna untuk membangun sebuah website.

Sekarang banyak sekali orang atau perusahaan yang membutuhkan teknisi yang bisa memahami bahasa komputer. Ada yang membutuhkan pekerja full-time, ada pula yang mencari seseorang untuk dijadikan asisten.

Anda tinggal pilih yang mana, sesuai kesempatan yang ada. Peluang usaha ini sangat asyik soalnya Anda bisa mengatasi masalah terkait bahasa pemrograman tersebut hanya dengan duduk di rumah.

Tidak perlu kantor? Tidak. Mungkin ada. Tapi untuk urusan ini, yang Anda butuhkan cuma koneksi internet yang kuat.

Di mana bisa mencari peluang usaha rumahan untuk ibu rumah tangga di bidang pemrograman website? Mungkin Anda bisa membuat portofolio dan profil di Project.co.id.

Di sana biasanya banyak orang yang membutuhkan jasa programmer. Anda bisa menawarkan jasa di sana. Tapi tentu melalui persaingan dengan calon pekerja yang memiliki kesamaan bidang dengan Anda. Terus saja menawarkan jasa, cepat atau lambat Anda akan mendapatkannya.

5.    Customer Service Representatif

Wah, apa betul kalau profesi customer service bisa dikerjakan di rumah? Hari gini tidak ada yang tak mungkin, Bu. Monyet saja bisa ke bulan.

Kalau Anda memiliki skill yang hebat dalam menghadapi keluhan pelanggan, pekerjaan ini sangat cocok untuk Anda. Pasalnya, banyak perusahaan sekarang membuka diri untuk customer service representatif.

Yang artinya mereka akan membayar seseorang di luar perusahaan untuk menangani pelanggan atau bisa juga kita sebut perwakilan customer service. Mungkin ini dikarenakan semakin membludaknya jumlah pelanggan mereka, sementara pekerjanya relatif sedikit.

Di mana bisa mendapatkan pekerjaan seperti ini? Kalau Anda punya kemampuan berbahasa Inggris, silakan coba di LiveWorld, Convergys, Sitestaff, dan lain-lain.

Kalaupun yang berbahasa Indonesia, Anda bisa mengunjungi Jobstreet atau web penyedia lowongan lainnya.

6.    Trainer bahasa Asing

Peluang usaha sebagai trainer bahasa asing bisa jadi usaha rumahan yang prospeknya bagus buat ibu rumah tangga. Anda bisa mengenalkan kemampuan Anda, misalnya dalam bahasa Inggris.

Kebutuhan bahasa asing dari tahun ke tahun selalu meningkat. Hal ini dikarenakan efek globalisasi menyoal penyerapan budaya asing melalui media dan juga hubungan antar-negara terkait bisnis, pendidikan, dan lainnya.

Anda boleh memilih mau jadi guru privat atau buka les di rumah sendiri. Kalau buka les di rumah sendiri, tentu Anda harus punya ruangan sekaligus perlengkapan dan peralatan untuk proses pelatihan.

Keuntungan seorang trainer bahasa Inggris itu tidak bisa disepelekan lho. Gajinya bisa ratusan ribu hingga jutaan rupiah tergantung kemampuan.

Peluang usaha sebagai trainer bahasa Inggris, misalnya, merupakan usaha yang cocok untuk ibu rumah tangga di desa maupun di kota. Hanya saja, mungkin soal bayaran ada perbedaan. Tanah di desa dan tanah di kota saja beda harganya, kan? Meskipun mungkin sama-sama dipakai untuk lapak jualan kacang goreng.

7.    Perancang Perjalanan

Perancang perjalanan atau dalam bahasa kerennya travel planner ini selalu dicari-cari oleh orang yang hobi melancong. Memangnya ibu-ibu rumah tangga ngurusin hal beginian?

Eh, jangan keliru. Ibu rumah tangga juga manusia. Di antara mereka tentu tak sedikit yang hobi travelling dan ada pula yang sudah expert karena telah mengusai ilmu-ilmu terkait bagaimana bisa bebas jalan-jalan dengan modal sedikit.

Kalau Anda termasuk yang begitu, tidak ada salahnya Anda mengambil peluang itu untuk usaha rumahan Anda. Paling afdhol lagi kalau Anda punya kemampuan membangun blog sekaligus mendesainnya.

Biasanya orang-orang yang hobi melancong akan memeriksa rancangan perjalanan setelah memeriksa isi kantong. Nah, di situlah peluang usaha Anda. Ambil kesempatan itu dengan menawarkan jasa, misal panduan jalan-jalan ke Bulan, jalan-jalan ke Pulau Komodo, sampai ke pulau kecil tapi indah seperti Karimunjawa.

Akan lebih bagus lagi kalau Anda bekerjasama dengan tour organizer. Anda menawarkan rencana, mereka yang memandu sepanjang perjalanan. Selain Anda dapat tip dari traveler, Anda juga bisa mendapatkan kepercayaan lebih dari banyak orang yang berelasi dengan Anda.

8.    Penerjemah

Profesi penerjemah bisa jadi profesi yang sakral dalam peradaban literasi suatu negara. Hampir dalam segala bidang, kemampuan alih-bahasa sangat dibutuhkan di era globalisasi ini.

Kita tidak bisa menjamin suatu negara memiliki warga yang mayoritas menguasai bahasa asing. Bahasa nasional saja banyak yang gelagapan. Iya, kan?

Untuk seseorang yang mengambil profesi ini menjadi pekerjaan tetap tentu tidak harus ke kantor. Anda bisa menjalaninya dengan mode freelancer atau pekerja lepas. Jadi, bisa dikerjakan di rumah.

Banyak lho ibu rumah tangga yang memanfaatkan momen ini sebagai peluang usaha rumahan mereka. Sebut saja, misalnya Dina Begum. Dia salah satu penerjemah yang telah menghasilkan puluhan (mungkin ratusan) karya terjemahan dari aktivitas freelance.

Tentu, sebagai freelancer, Anda juga sebaiknya bersikap profesional ketika berkomunikasi dengan pelanggan meskipun pekerjaannya di rumah.

Terutama dalam mematuhi kesepakatan tenggat waktu. Kredibilitas Anda sebagai penerjemah lepas sangat tergantung dengan hal ini. Tapi enjoy saja. Selama Anda bersungguh-sungguh, tiada yang sulit di dunia ini.

Bahkan sesuatu yang awalnya sulit akan terasa mudah karena sudah terbiasa.

Ngomong-ngomong soal gaji, profesi penerjemah lumayan menduduki posisi penting lho. Besarannya berbeda-beda tergantung layanan penerjemahan yang diberikan.

Misal, gaji menerjemahkan buku tentu lebih sedikit daripada gaji penerjemahan untuk subtitle film. Dan lain sebagainya.

9.    Konsultan

Jika Anda memiliki keahlian tertentu. Misal, tentang kesehatan atau entrepreneur, profesi ini sangat layak Anda pertimbangkan.

Tujuan profesi ini tentu untuk meningkatkan sumber daya manusia atau SDM. Banyak perusahaan besar membutuhkan jasa seorang konsultan. Tetangga Anda pun mungkin butuh. Sebab, siapa sih di dunia ini yang tidak punya masalah?

Kalau Anda seorang ibu rumah tangga dan ingin menjadikan profesi konsultan sebagai peluang usaha rumahan bisa kok. Caranya bisa melayani klien via mailing list atau mungkin bikin forum di website. Komunikasi bisa via chatting atau cara lain yang intinya agar kebutuhan klien terpenuhi.

Baca Juga Modal Usaha Katering dan Solusi Bisnis Mantap

Kesuksesan menjual jasa sebagai konsultan juga banyak diraih oleh para pakar dalam suatu bidang. Misalnya Mas Yodhia, di bidang pengembangan diri untuk tujuan bisnis. Dalam sebulan, ia bisa mendapat penghasilan berjuta-juta dari aktivitas itu. Kepuasan klien adalah aset utama dalam mengembangkan bisnis ini. Tertarik?

Apa yang harus dilakukan untuk menjadi seorang konsultan?

Seorang konsultan tentu harus menjadi spesialis di bidangnya. Jadi, ketika ada yang tanya ini-itu, Anda sudah siap dengan jawaban dan solusi. Profesi sebagai konsultan itu sangat signifikan lho terhadap pertumbuhan SDM bangsa Indonesia.

10.  Ilustrator

Meningkatnya kebutuhan layanan bergambar jadi kabar bagus untuk para ilustrator. Kalau Anda salah satunya, bisa langsung berkecimpung dalam bisnis ini.

Syarat utama untuk jadi seorang ilustrator tentu Anda harus menguasai teknik menggambar dan melukis. Entah itu versi kanvas ataupun multimedia. Dua-duanya penting untuk menunjang karir Anda sebagai ilustrator.

Memangnya siapa saja yang butuh jasa ilustrator? Banyak. Mulai dari surat kabar atau koran, penerbit, sampai media setelit televisi.

Dan semua itu bisa dilakukan di dalam rumah saja. Enak, kan? Kalau Anda seorang freelancer, ada baiknya ambil pekerjaan ini daripada kemampuan Anda tersia-siakan hanya karena rasa bingung mau kerja apa di rumah.

Di mana bisa mendapatkan pekerjaan untuk jasa ilustrator?

Salah satunya bisa Anda temukan di beberapa website yang mempertemukan antara penayang lowongan dan job seeker. Atau mungkin melamar ke redaksi koran juga bisa. Biasanya mereka membutuhkan jasa ilustrator. Mulailah di situ dan yakin kalau Anda bisa mendapatkan peluang usaha untuk rumahan itu.

11.  Desainer Grafis

Salah satu topik unggulan di antara para pecinta blog adalah desain grafis. Kemampuan seseorang dalam mendesain tentu menjadi harga mahal, karena tidak semua orang bisa.

Anda mahir dalam mendesain sesuatu, misal desain interior, desain logo, atau mungkin desainer website? Langsung saja manfaatkan kemampuan Anda.

Di era modern ini hampir sebagian besar aktivitas tidak terlepas dari kegiatan internet. Peluang usaha menjadi desainer grafis masih terbuka lebar hingga saat ini.

Untuk menemukan lowongan pekerjaan, bisa mencari tahu seperti di nomor 10.

12.  Penulis Konten

Keberadaan penulis konten atau content writer sangat dibutuhkan untuk mengembangkan sebuah website. Untuk menjadi seorang penulis konten tentu ia harus memahami struktur dasar bagaimana cara menulis artikel dengan baik dan readable atau mudah dibaca.

Sehingga ketika orang lain yang membaca tidak ada yang mengerutkan dahi. Justru merasa terinspirasi.

Tidak hanya itu. Sebagai content writer, Anda juga perlu menguasai teknik SEO untuk menunjang karir Anda.

Kenapa? Sebab, kebanyakan artikel itu dipesan oleh pemilik website. Semakin konten buatan Anda berkualitas dan SEO friendly, semakin banyak pula yang membutuhkan.

Memangnya berapa tarif untuk menjadi seorang penulis konten?

Bervariasi, tergantung sejauh mana Anda bisa menulis konten berkualitas.

Pada umumnya bayaran per artikel untuk 100 kata itu dihargai minimal 3000 rupiah. Apalagi kalau Anda bisa berbahasa Inggris, bisa berlipat-lipat itu.

Profesi sebagai content writer merupakan salah satu peluang usaha rumahan yang cocok untuk ibu rumah tangga seperti Anda.

Anda bisa mencari lowongan kerja sebagai content writer di Sribulancer, Upwork, Project, dan lain-lain. Kalau tidak, Anda pun bisa membangun website sendiri dengan kemampuan Anda mengolah situs dengan baik.

Dan tawarkan jasa penulisan konten berkualitas di website Anda sendiri. Kalau tulisan-tulisan Anda masuk halaman pertama di Google berarti tulisan Anda sudah hebat dan biasanya banyak yang akan menggunakan jasa menulis yang Anda miliki.

Pekerjaan sebagai content writer bisa dikerjakan di rumah, lho. Kirimnya lewat mana? Biasanya lewat email. Jadi, sebelum Anda memutuskan untuk menawarkan jasa, miliki dulu akun email. Semoga berhasil.

13.  Copywriter

Copywriter dengan content writer itu beda, ya. Content artinya kedalaman, menurut kamus. Sedangkan copy bukan berarti kopi. Jadi, copywriter artinya bukan minum kopi, ya. Jelas, ya. Oke.

Seorang copywriter tentu saja bertugas mempromosikan sebuah produk dan jasa. Perbedaan antara copywriter dengan content writer terletak pada penggunaan tuturannya.

Seorang content writer hanya fokus pada penyampaian sebuah topik berdasarkan kata kunci. Misalnya klien memesan artikel dengan kata kunci “baju murah”. Tentu Anda, sebagai content writer harus membuat artikel dengan keyword “baju murah”. Sepanjang artikel Anda bebas menuliskannya, tanpa harus mempromosikan di mana harus membeli baju murah.

Sementara copywriter harus punya kemampuan merayu calon pembeli dengan kemampuan internet marketing yang mantap agar mereka tanpa sadar punya hasrat untuk membeli sebuah produk.

Seorang copywriter biasanya tidak jauh-jauh dari yang namanya iklan. Entah iklan itu untuk koran, televisi, radio, majalah, papan iklan, brosur, dan berbagai macam lainnya.

Kabar gembiranya, peluang usaha itu bisa menjadi usaha rumahan Anda. Bisa dikerjakan kapan saja. Nikmat, bukan?

14. Ngeblog

Aktivitas ngeblog akhir-akhir ini sangat digandrungi oleh warga Indonesia. Tercatat, di Facebook sendiri, grup seputar arena blogging sudah memiliki member puluhan ribu hingga ratusan ribu.

Hal ini menandakan kalau aktivitas ngeblog sudah bukan barang baru lagi di Indonesia. Jadi blogger tentu akan jadi peluang usaha rumahan yang cocok untuk siapapun yang suka kerja di rumah.

Apa yang menarik dari aktivitas ngeblog?

Pertama, tentu bukan uang. Dengan menjadi blogger, berarti Anda lebih bebas menayangkan artikel pribadi. Kalau jumlah pengunjungnya banyak, otomatis yang baca juga banyak. Semakin banyak yang baca, tujuan Anda menulis untuk dibaca banyak orang pun terpenuhi.

Berbeda ketika Anda mempublikasikan tulisan di Facebook. Kemungkinan tidak dibaca orang akan tinggi karena di sana tidak ada yang namanya arsip tulisan untuk umum. Semua mengalir apa adanya.

Boleh tahu siapa saja blogger Indonesia dan luar negeri yang sukses?

Boleh saja, kok. Anda bisa ambil ilmu dari blog terkenal secara langsung. Kalau di Indonesia, blogger yang cukup terkenal adalah Eka Lesmana, Mas Sugeng, Kang Herman Yudiono, dan lain-lain.

Kalau blogger luar negeri?

Ada Darren Rowse, ada John Cow, Brian Dean, dan lain-lain. Memangnya berapa penghasilan mereka? Wow, jangan ditanya. Untuk blogger yang serius, tentu angka jutaan rupiah bukan hal mustahil hanya dengan mengandalkan aktivitas ngeblog.

Oleh karena itu, monetasi blog adalah peluang usaha rumahan yang kompatibel dengan keseharian Anda sebagai ibu rumah tangga. Semua aktivitas ngeblog bisa di dalam rumah. Tidak perlu keluar untuk memulai bisnis rumahan online.

15.  Penjahit

Wanita biasanya identik dengan ketelatenan. Pekerjaan menjahit bisa menjadi pilihan usaha Anda di rumah.

Peluang usaha rumahan ini tidak perlu modal banyak. Yang Anda punya hanya kemampuan menjahit yang hebat. Pastikan Anda bisa membuat pola sendiri, memotong sendiri, dan jahit sendiri.

Kalau Anda cuma bisa menjahit kain yang sudah terpotong sesuai pola tentu potensi usaha rumahan ini akan jadi buruk. Sebab, sudah banyak orang-orang konfeksi memiliki rata-rata keahlian ini.

Tapi kebanyakan dari mereka tidak bisa bikin pola dan memotong kain sendiri. Nah, hal ini bisa jadi peluang usaha untuk Anda.

Ada pepatah mengatakan, “Ambillah pekerjaan yang orang anggap sulit, karena di situlah peluang besar untuk Anda.” Dengan kata lain, Anda hanya memiliki saingan usaha yang sedikit atau bahkan tidak ada sama sekali.

Selama manusia masih mengisi bumi, orang-orang yang membutuhkan jasa menjahit tidak akan ada habisnya.

16. Buka Jasa Cetak Foto dan Penyedia Aksesoris

Anda memiliki kemampuan sebagai fotografer sekaligus bisa mengoperasikan mesin cetak foto? Tentunya ini kabar bagus untuk Anda.

Penempatan mesin cetak foto bisa Anda tempatkan di rumah. Orang-orang yang membutuhkan jasa pencetak foto tidak sedikit lho. Mulai dari calon manten, anak-anak sekolah, guru, mahasiswa, pegawai kantoran, sampai pengangguran yang hendak melamar pekerjaan. Selain itu banyak sekali macamnya.

Kalau Anda punya kemampuan sebagai fotografer tentu bisa lebih bagus lagi. Selain mencetak foto, Anda bisa turut ambil bagian dalam acara pernikahan seseorang, misalnya, dengan bayaran tertentu.

Ditambah lagi menjual aksesoris. Meski aksesoris jarang diperhatikan, hal ini bisa jadi tambahan keuntungan untuk Anda. Satu aksesoris stiker, misalnya, jika dijual bisa laku 2000-an. Lumayan, kan?

Peluang usaha ini tidak bisa dilewatkan begitu saja. Banyak orang yang sudah membuktikan kalau lewat usaha ini, mereka bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari. Namun, tentu amannya Anda punya pekerjaan lain untuk kover usaha Anda.

17. Jualan Kue

Anda punya keahlian bikin kue? Kabar bagus. Bisnis kue ini bisa jadi contoh usaha rumahan untuk ibu rumah tangga yang banyak diminati saat ini. Siapa sih yang tidak suka makan kue?

Mulai dari anak-anak hingga lansia, kue bisa jadi hidangan mantap yang mereka tunggu-tunggu kehadirannya.

Bisnis rumahan ini bisa Anda mulai dengan modal kecil-kecilan. Tapi kalau Anda memilih cara ini, akan jauh lebih baik kalau Anda memiliki keunikan dalam menampilkan produk kue yang mau dijual.

Kenapa harus unik? Unik sama dengan berbeda. Dan keunikan itu akan membuat Anda memiliki ciri khas. Kalau sudah punya ciri khas? Tentu saja Anda akan mudah dikenal.

Di sinilah pentingnya inovasi yang kreatif. Tentu hal ini membutuhkan trial dan error yang tak sedikit. Tapi kalau sudah jadi, dampaknya akan berkelanjutan, dan bisa jadi orang-orang akan terinspirasi dengan Anda.

Bisnis rumahan di bidang pembuatan kue ini bisa jadi peluang usaha rumahan idaman Anda. Selain dari 17 peluang usaha rumahan di atas, Anda bisa menambah sendiri, misal dengan cara bereksperimentasi untuk menghasilkan bisnis rumahan yang sesuai minat terbesar Anda.

Bekerja dengan penuh minat akan membantu Anda mencapai impian dengan mudah. Selain itu, sifat pantang menyerah juga menjadi poin penting dalam proses tersebut.

Pepatah mengatakan, “Banyak orang yang gagal padahal tinggal selangkah lagi mereka sukses.” Pepatah itu mengajarkan kalau kesuksesan hanya bisa dicapai dengan cara pantang menyerah. Entah model apa jenis benturannya, Anda sudah punya persiapan matang dalam menghadapinya. Tanpa hal ini, rasanya usaha rumahan apa pun yang Anda rintis akan memiliki banyak kendala.

Demikian 17 peluang usaha rumahan untuk ibu rumah tangga yang bisa kami paparkan. Semoga menginspirasi!