Cara Menabung Dengan Gaji Dibawah 1 Juta, 100% Work !

Berbicara mengenai menabung tentu bukan hal yang asing lagi buat kita. Inilah cara menabung dengan gaji dibawah 1 juta, 100% work !

Cara Menabung Dengan Gaji Dibawah 1 Juta - Berbicara tentang menabung bukanlah hal yang aneh lagi. Sejak kecil kita pasti sudah diajari oleh orang tua kita untuk membiasakan diri menabung. Tips menabung diajarkan dengan berbagai cara, seperti Cara Menabung di celengan, menyimpannya di baju yang dilipat, menyelipkannya di halaman buku hingga membayar tabungan wajib sekolah. 

Semua itu dilakukan untuk kebaikan kita agar kita tidak terbiasa hidup boros. Namun saat kita sudah dewasa dan sudah bekerja. Ajaran orang tua kita dalam menabung untuk masa depan sepertinya sudah lenyap. Entah bagaimana rasanya sangat sulit membiasakan menyisihkan pendapatan untuk dijadikan tabungan.

Tips Menabung Dengan Gaji Dibawah 1 juta 

cara menabung dengan gaji dibawah 1 juta

Memprioritaskan Tabungan Langsung di Payday

Tips menabung pertama yang harus Anda prioritaskan setelah menerima gaji adalah segera menabung. Jangan memikirkan hal-hal lain seperti berbelanja baju baru atau pergi ke bioskop. Setelah Anda menyisihkan sebagian penghasilan Anda untuk ditabung.

Selanjutnya Anda memikirkan bagaimana membagi sisa gaji untuk menutupi setiap pos yang Anda butuhkan untuk bulan berikutnya. Jangan bertindak sebaliknya. Bila Anda menunggu hingga gaji tersisa untuk biaya satu bulan, Anda tidak akan bisa menabung karena belum tentu ada sisa uang di akhir bulan. Jika ada, tidak akan banyak.

Apa Fungsi Buat Rekening Khusus Untuk Tabungan?

Tip menabung selanjutnya adalah memisahkan tabungan dan uang untuk kebutuhan sehari-hari dengan menabung di bank. Buatlah rekening khusus untuk tabungan agar Anda tidak salah menggunakan dana tabungan untuk memenuhi kebutuhan lain yang tidak terduga. 

Jika perlu, saat membuat rekening di bank tidak perlu membuat ATM agar tidak gatal untuk segera mengambil uangnya. Begitu juga ketika sudah dibayar sebaiknya segera mentransfernya ke rekening tersebut agar tidak perlu repot datang ke bank yang bahkan bisa membuat Anda tergoda untuk mengambil tabungan Anda.

Cobalah Menabung dan Menabung Setiap Hari

Langkah Anda aman dengan menyimpan uang di bank. Setidaknya, dalam satu tahun Anda sudah bisa menikmati hasilnya. Anda bisa menggunakan sisa gaji Anda untuk kebutuhan sehari-hari. Jika Anda memiliki uang tambahan, Anda dapat menggunakannya untuk pergi ke mal, makan di luar, atau membeli pakaian baru. Namun, alangkah bijaknya jika Anda mengadopsi cara hidup hemat. Pikirkan tentang bisa menabung setiap hari meski Anda sudah punya tabungan setiap bulan.

Lakukan Perencanaan Keuangan yang Baik

Jika Anda ingin bisa menabung setiap bulan meski dengan gaji kecil, sebaiknya mulai sekarang belajar menata dan melakukan perencanaan keuangan yang baik. Perencanaan yang matang dapat Anda lakukan dengan menggunakan buku catatan khusus yang berguna sebagai kendali Anda dalam mengatur lalu lintas keuangan Anda.

Pentingnya Memiliki Dana Darurat

Apa itu dana darurat? Seperti namanya, dana darurat adalah dana yang digunakan untuk keadaan sangat darurat. Berapa dana darurat yang harus Anda miliki? Anda setidaknya harus memiliki dana darurat sebesar 6 kali gaji Anda selama ini.

Bawalah Uang Saat Bepergian

Mungkin Anda menganggapnya sebagai siswa yang hanya membawa uang dalam jumlah yang tepat ketika mereka pergi ke sekolah. Namun ketahuilah bahwa tip menabung yang satu ini sebenarnya sangat efisien, untuk mengurangi pengeluaran Anda.

Kencangkan Pengeluaran dan Coba Tingkatkan Pendapatan

Jika Anda memiliki harapan memiliki tabungan dalam jumlah besar setiap tahun, yang harus Anda lakukan adalah mengencangkan pengeluaran yang sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan. Sebisa mungkin sesuaikan pengeluaran Anda agar tidak membengkak. 

Jika perlu, catat secara detail pengeluaran Anda setiap hari sehingga Anda tahu pengeluaran apa yang harus Anda kurangi atau bahkan hilangkan. Demikian ulasan tentang cara menabung dengan gaji dibawah 1 juta semoga bermanfaat.