5 Mikroorganisme Penyebab Keracunan makanan

Keracunan makanan paling sering disebabkan oleh mikroorganisme. Berikut 5 mikroorganisme penyebab keracunan makanan yang harus Anda waspadai

Mikroorganisme penyebab keracunan makanan - Menurut beberapa penelitian bahwa, setiap tahun 1 dari 6 orang menderita akibat penyakit yang terdapat dalam makanan, atau keracunan makanan. Keracunan makanan disebabkan oleh adanya mikroorganisme yang berada di dalamnya atau pada makanan yang kita makan, seperti bakteri atau dalam kasus yang jarang terjadi terdapat virus. 

Bila makanan terkontaminasi oleh mikroorganisme, efeknya dapat menimbukan sesuatu yang berbahaya dan menimbulkan ketidaknyamanan, yang dapat mengakibatkan tingkat keparahan dari yang kecil sampai yang ekstrim.

mikroorganisme penyebab keracunan makanan

Sementara kebanyakan orang menyalahkan pengalaman keracunan makanan mereka pada makanan terakhir yang mereka makan, kenyataannya adalah Anda mungkin sakit dari sesuatu yang Anda konsumsi beberapa hari yang lalu. 

Keracunan makanan paling sering disebabkan oleh mikroorganisme yang lebih memilih untuk tumbuh dan berkembang di dalam zona suhu berbahaya antara 4 dan 60 derajat Celcius. Dalam suhu ini, bakteri pada makanan bisa berlipat ganda, dan beberapa jenis bakteri tersebut dalam beberapa jam dapat mencapai tingkat berbahaya.

Kenali Mikroorganisme Penyebab Keracunan Makanan

Berikut adalah beberapa mikroorganisme penyebab keracunan  makanan yang perlu kita ketahui :

1. CLOSTRIDIUM PERFRINGENS

Biasanya ditemukan di banyak makanan, pada jumlah rendah, Clostridium Perfringens paling sering ditemukan pada unggas, daging, dan produk sampingan mereka. Hal ini juga dapat ditemukan di usus hewan dan manusia, di tanah, di kotoran hewan, dan di limbah. Infeksi dengan mikroorganisme ini menyebabkan sakit perut, diare, dan mual parah namun jarang menyebabkan demam atau muntah.

Tidak seperti kebanyakan jenis bakteri yang dapat menimbulkan keracunan makanan, Clostridium Perfringens tidak dapat dihancurkan sepenuhnya oleh masakan biasa, berkat adanya spora tahan panas. Sementara ada bakteri yang dapat terbunuh pada suhu memasak, spora dapat bertahan, dan bisa berkecambah jika makanan dibiarkan dingin perlahan di dalam zona suhu berbahaya. Dengan kata lain, untuk melindungi orang dari bakteri ini bergantung pada pemantauan suhu yang cermat.

2. SALMONELLA

Salah satu sumber keracunan makanan yang paling terkenal, Salmonella sering ditemukan pada telur, susu yang tidak dipasteurisasi, dan produk telur mentah. Hal ini juga dapat ditemukan di dalam unggas dan daging, dan akan bertahan dalam makanan jika tidak dimasak dengan benar.

Jika Salmonella hadir dalam makanan, sejumlah kecil bakteri dapat dengan cepat mulai bertambah banyak kecuali makanan tersebut benar-benar dingin di luar zona suhu berbahaya. Terlebih lagi, orang-orang yang menderita keracunan Salmonella mampu menginfeksi orang lain saat mereka berhubungan langsung dengan mereka. Ini berarti bahwa satu kasus keracunan makanan dapat dengan cepat berubah menjadi beberapa kasus berat.

3. LISTERIA

Mikroorganisme yang dikenal sebagai Listeria monocytogenes hadir di berbagai area lingkungan kita, dan sering dapat ditemukan pada banyak makanan. Pada produk tertentu, seperti keju lunak, atau pate dan dapat hadir dalam jumlah yang jauh lebih tinggi.

Umumnya, Listeria monocytogenes menyebabkan penyakit pada kelompok populasi yang lebih rentan, seperti bayi, wanita hamil, orang dengan kekebalan tubuh berkurang, dan orang tua. Sayangnya, di antara kelompok-kelompok ini, penyakitnya seringkali bisa parah, dan bahkan mengancam nyawa.

4. E. COLI (0157)

Ada berbagai jenis E. coli yang hadir di seluruh dunia saat ini, dan banyak di antaranya tidak berbahaya. Namun, yang menghasilkan mikroorganisme yang dikenal sebagai “verocytotoxin”, dapat menyebabkan penyakit yang signifikan. Salah satu jenis yang paling umum dari E. coli yang berbahaya adalah strain “0157”.

Bakteri ini hidup di dalam usus hewan dan manusia. Saat terinfeksi, kebanyakan orang akan mengalami berbagai gejala yang berbeda, termasuk diare. Kasus E. coli 0157 yang sangat parah dapat menyebabkan masalah seperti kerusakan ginjal.

5. CAMPYLOBTER

Akhirnya, Campylobacter adalah penyebab paling umum keracunan makanan di dunia saat ini – ditemukan terutama pada daging merah, unggas, air yang tidak dirawat secara baik, dan susu yang tidak dipasteurisasi. Meskipun tidak tumbuh dalam makanan, bakteri ini bisa menyebar dengan sangat mudah, artinya hanya dengan sedikit bakteri ini dalam sepotong ayam matang sudah cukup untuk menyebabkan penyakit.

Sementara infeksi Campylobacter biasanya tidak menyebabkan muntah, diare yang mereka tanggung bisa sangat parah, menyebabkan adanya darah, dan kram perut yang signifikan.

Bagaimana cara untuk mengurangi resiko akibat keracunan bakteri pada makanan?

Penting untuk diingat dan menerapkan teknik penyimpanan, persiapan, dan penanganan yang tepat dapat mengurangi kejadian penyakit karena keracunan makanan. Meskipun tidak semua mikroorganisme dapat dihancurkan dengan cara yang sama, pengendalian suhu dan pemantauan bahan makanan sangat penting dalam mencegah keracunan makanan.

Demikian ulasan mengenai beberapa mikroorganisme penyebab keracunan makanan, semoga bermanfaat untuk Anda.