Lakukan 6 Hal Ini Agar Belajar Sains Lebih Menyenangkan

Berikut ini adalah 6 tips yang bisa Anda terapkan agar belajar sains lebih mudah dan menyenangkan. Karena sains tidak hanya sekedar hafalan teori-teori dan rumus-rumus belaka.

Lakukan 6 Hal Ini Agar Belajar Sains Lebih Menyenangkan


Brodanni.com - Belajar tentang sains memang terasa sangat menyenangkan bagi sebagain orang. Namun, tidak semua orang akan senang dalam mempelajari tentang sains. Salah satu alasan seseorang atau para siswa tidak senang belajar sains adalah karena banyaknya teori-teori dan rumus-rumus yang sangat sulit untuk di pahami apalagi di hafalkan. 
Belajar Sains Lebih Menyenangkan

Padahal dilihat dari esensinya belajar sains sangat bermanfaat untuk kehidupan seseorang dalam kesehariannya. Dengan besarnya manfaat yang dapat di peroleh dari belajar sains para guru senantiasa mencari upaya agar para peserta didiknya senang belajar sains serta memiliki bakat dalam bidang tersebut. berikut tips-tips yang bisa diterapkan kepada anak didik agar belajar sains terasa sangat mudah dan menyenangkan.

1.Mulai Mengubah Stigma tentang Sains


Karena alasan yang paling mendasar untuk malas belajar tentang sains adalah kerumitan dan keribetannya. Maka para guru atau orang tua yang berperan untuk mengubah stigma dari si anak tersebut. Salah satu upaya yang bisa dilakukan untuk mengubah stigma anak adalah dengan cara memberi contoh yang mudah diterima oleh akal. Misalnya, menginformasaikan kepada anak bahwa setiap peristiwa yang terjadi di alam raya ini mengandung sains. Seperti contoh tanaman yang dibiarkan di bawah terik panas matahari akan layu karena si tanaman tidak tahan terhadap panas matahari yang beerlebihan. Atau Anda baik sebagai orang tua atau guru memberi contoh tentang gula atau garam yang di masukkan kedalam air akan mudah untuk hancur (larut). Dengan memberi contoh-contoh tersebut lambat laun stigma anak akan berubah bahwa sains tidaklah seribet yang di pikirkan.

2.Ciptakan Permainan Edukatif


Untuk mencegah kebosanan dalam belajar sains hendaklah guru atau orang tua menciptakan permainan yang sedikit-sedikit mengandung sains. salah satu contoh permainan yang mengandung sains adalah membuat pelangi-pelangian. Permainan membuat pelangi merupakan permainan yang sangat menarik untuk diterapkan. Caranya pun sangat mudah Anda cukup menyiapkan wadah kemudian diisi dengan Air bening, serta juga menyiapkan cermin kecil sebagai pemantul cahaya (baik menggunakan cahaya senter atau sinar mata hari langsung). Setelah semua alat sudah disiapkan masukkan cermin kedalam wadah yang berisi air tadi lihatlah pantulan cahaya pada tembok pasti akan terlihat pelangi hasil bias cahaya pada cermin dalam air tadi. Permainan tersebut sangat menyenangkan dan tanpa sadar si anak telah mempraktikkan tentang materi Bias Cahaya.

3.Ajak Belajar pengungkit melalui Bermain Jungkat jungkit


Salah satu pelajaran tentang sains adalah ditemukannya pengungkit oleh Newton. Mungkin bagi sebagian siswa belajar sains tentang pengungkit terasa sangat membingungkan. Namun bermain jungkat jungkit akan membuat anak memahami konsep pengungkit dengan sangat mudah. Para guru atau orang tua hendaklah mengajak si anak untuk bermain jungkat jungkit tersebut serta berilah sedikit pemahaman tentang konsep dan cara kerja pengungkit yang tidak jauh berbeda dengan pengungkit tersebut. si anak pun akan senang karena bermain dan tentunya akan mendapat pemahaman tentang pengungkit temuan Newton.

4.Ajaklah Untuk Kunjungan Ke Kebun Binantang


Salah satu pelajaran sains yang sangat menarik adalah tentang hewani, Yakni pembahasan tentang hewan. Mengajak anak berkunjung ke kebun binatang akan senantiasa menumbuhkan minat untuk tekun belajar tentang sains (biologi) karena si anak akan di pertemukan langsung dengan berbagai jenis hewan melalui kunjungan tersebut. Beruntung jika pada kebun binantang dikunjunginya juga terdapat perkembangbiakan hewan-hewan tertentu sehingga si Anak juga akan mengetahui proses perkembangbiakan makhluk hidup secara langsung dan menyaksikannya dengan mata kepala sendiri.

5.Mengajak Si Anak untuk Berpetualang


Selain mengajak ke kebun binatang untuk menumbuhkan semangat anak dalam belajar sains ternyata berpetualang juga dapat menumbuhkan minat belajar sains lho. Mengapa demikian ? karena berpetualang akan membuat si anak  semakin dekat dengan Alam yang memang sebagian besar materi Sains adalah tentang Alam. 

6.Melatih Anak untuk Bercocok Tanam


Bercocok tanam sangatlah identik dengan sains atau Ilmu Alam apalagi bercocok tanamnya menggunakan media Air (Hidroponik). Jika seorang Guru atau orang tua mau mengajak Anaknya untuk bercocok tanam, maka anak tersebut akan semakin menyukai dunia sains. karena tidak dapat di pungkiri proses bercocok tanam sangat menyenangkan apalagi bercocok tanam dengan cara hidroponik.

Dari beberapa tips-tips belajar sains di atas sangat mudah lho untuk dilakukan baik di sekolah dengan  bimbingan guru atau di rumah dengan bimbingan orang tua. Yuk lakukan tips diatas agar si anak bisa lebih menyukai dan menguasai tentang sains.