Pentingnya Memperbaiki Pendidikan Sejak Dini

Perbaiki Memperbaiki Pendidikan Sejak Dini – Kondisi generasi milenial memang kadang mendapatkan berbagai tudungan negative dari sebagian orang. Semua ini di karenakan karena generasi millenial hampir 70 % aktifitas kehidupannya bersentuhan dengan dunia luar baik melalui dunia maya, internet dan sebagainya.
Pentingnya Memperbaiki Pendidikan Sejak Dini

Sebagian orang juga berasumsi bahwa keberadaan jejaring sosial ataupun keberadaan media massa di tengah-tengah generasi millenial ini sangat membahayakan terhadap pola pendidikan, pola prilaku serta pola bersikap generasi tersebut. hal tersebut selalu didasari dengan adanya berbagai pengetahuan atau informasi-informasi yang tidak layak untuk di konsumsi generasi millennial awam.
keberadaan berbagai teknologi canggih inilah yang membuat kebanyakan orang khawatir pendidikan pada generasi millenial sedikit demi sedikit tergerus sehingga generasi millenial ini minim akan pendidikan. Melihat fenomena tersebut dibutuhkanlah sebuah solusi untuk membentengi generasi millenial agar tidak terjerumus kedalam kerugian selama hidupnya. Lantaran percepatan perputaran informasi dan pengetahuan yang dihadapi dengan lemahnya filter pendidikan sejak dini.
            Namun akankah Anda berpikir bahwa dimanapun generasi itu hidup tidak akan terpengaruh oleh hal-hal asing apabila generasi tersebut mempunyai karakter, prinsip serta mentalitas yang kuat sejak dini. Apabila hal tersebut di lakukan maka generasi millenial ini akan mampu mencari peluang untuk tetap hidup dalam fitroh kebenaran demi menghadapi era globalisasi.
            Ada banyak alasan tentang pentingnya mengapa pendidikan sejak dini harus diterapkan dan betul-betul di terapkan semaksimal mungkin. Adapun alasan pentingnya adalah sebagai berikut :

Melatih Keterampilan
Tidak dapat di pungkiri bahwa dalam prosesi pembelajaran pasti akan melibatkan keterampilan. Baik keterampilan dalam menggunakan otak pikiran, keterampilan berperilaku serta keterampilan yang lainnya. Dengan memberikan pendidikan sejak dini terhadap generasi millenial akan memberikannya sebuah keterampilan tersebut. setidaknya anak tersebut akan terampil dan dapat membedakan antara benar dan tidak menurut kapasitas pemahaman yang di berikan selama prosesi pembelajaran.

Pembentukan Karakter
Seperti yang di sebutkan dalam wacana dan fenomena diatas bahwa pendidikan sejak diniakan membuat peserta didikan memupuk karakter dirinya sendiri. Pemupukan karakter yang dilakukan sejak dini akan sangat membantu terhadapnya pada usia remaja bahkan sampai tua. Sehingga peserta tersebut tidak akan mudah goyah dalam mempertahankan prinsipnya serta tidak akan mudah terbawa arus kehidupan yang kadang merugikan dirinya sendiri.

Waktu Paling Ideal
Banyak yang menganalogikan bahwa seorang anak yang masih berusia antara 1 – 6 tahun bagaikan kertas kosong. Analogi tersebut dapat diartikan bahwa pada usia tersebutlah akan sangat efektif untuk memberikan sebuah pemahaman kepada anak.
Apalagi pada usia itu (1 – 6 tahun) merupakan masa-masa paling aktif otak anak untuk menyerap berbagai informasi. sehingga pada waktu itu juga merupakan waktu yang paling tepat untuk mengarahkan seorang anak (generasi millenial) untuk menjadi pribadi yang mandiri, terampil dan cakap.

Tuntutan Zaman
Perkembangan zaman yang tidak pernah berhenti membuat semua orang berlomba-lomba untuk menjadi lebih baik dalam mengikuti perkembangannya. salah satu yang mereka lakukan adalah mengikuti trend hal-hal yang bawah oleh perubahan zaman ini agar terkesan modern. Hal ini tidak bisa disalahkan secara spontan serta juga tidak bisa di benarkan secara spontan pula. Karena jika generasi millenial tidak mengikuti trend maka ia akan menjadi orang yang kudet (Kurang Update), gutek (gugup Teknologi) serta sebutan lainnya yang menggambarkan ketertinggalan. Jika terlalu mengikuti trend juga tidak bagus karena dapat menghilangkan identitas dirinya jika tidak di filter secara baik. Hal yang paling produktif untuk mengahadapi zaman ini adalah memberi pendidikan sejak dini kepada generasi millenial agar suatu hari nanti mampu bertahan di tengah-tengah globalisasi.

            Dari berbagai alasan Penting pendidikan sejak dini masih banyak alasan lainnya yang bisa anda jadikan motivasi untuk terus membentengi anak muda Indonesia agar tidak terpengaruh oleh pengaruh luar.