Mari Bersama Ketahui Jenis-Jenis Pendidikan di Indonesia

brodanni.com - Mari Bersama Ketahui Jenis-Jenis Pendidikan di Indonesia ! Pendidikan merupakan hal yang tidak dapat kalian yang sedang membaca artikel ini hingga kita semua pisahkan dari kehidupan, bukan? Kami yakin kalian semua setuju dengan pernyataan tersebut. Hal ini menjadi alasan kalian tetap menempuh pendidikan meskipun bagi sebagian besar dari kalian sekolah sangat membosankan dan melelahkan.

Namun, seseorang tanpa pendidikan dianggap tidak akan memiliki masa depan yang cerah. Sebab, siapa yang mau mempekerjakan seseorang yang tidak memiliki sertifikat sekolah menengah atas? Bahkan, aturan dari pemerintah telah menetapkan bahwa setiap masyarakat harus mendapatkan pendidikan minimal dua belas tahun. Jadi, kalian dapat berjuang selama dua belas tahun untuk menikmati kesejahteraan di masa depan, bukan?

Mari Bersama Ketahui Jenis-Jenis Pendidikan di Indonesia

Nah, artikel yang satu ini akan membuat kalian mengetahui jenis pendidikan yang ada di negara kita ini. Benar, ada lebih dari satu penggolongan pendidikan yang dapat kalian ketahui. Bila selama ini kalian hanya mengetahui bahwa pendidikan adalah satu. Maka, kini saat yang tepat untuk merubah pandangan tersebut. Jadi, kalian yang penasaran dapat menelusuri lebih jauh artikel yang satu ini ya, guys!

Mengenal Jenis Pendidikan di Indonesia

Pendidikan Formal

Kalian yang kini pergi ke gedung sekolah untuk menempuh sekolah dasar, sekolah menengah pertama, sekolah menengah atas, hingga universitas berarti kalian sedang menjalani pendidikan formal. Dengan kata lain, pendidikan formal merupakan pendidikan yang memiliki tingkatan dan jenjnag yang telah ditentukan dan terencana dengan baik.
Jenis pendidikan yang satu ini merupakan jenis yang paling sering ditempuh oleh kalian yang dikenal dengan nama pelajar. Sebab,  jenis yang satu ini merupakan jenis yang paling mudah dan tidak memiliki banyak persyaratan. Kalian hanya perlu terus pergi ke sekolah dan mengikuti ujian untuk mendapatkan sertifikat kelulusan.
Selain itu, kalian yang menempuh pendidikan dengan jalur ini akan lebih mudah mendapatkan pengakuan dari sosial. Mengapa demikian? Kami berikan nilai seratus untuk kalian yang menebak bahwa menempuh pendidikan dengan jalur yang satu ini membuat kalian dapat naik ke level selanjutnya. Tentu saja, kalian bebas naik ke jenjang yang lebih tinggi tanpa persyaratan yang menyulitkan.

Pendidikan non-formal

Jenis pendidikan yang satu ini kalian kenal dengan nama sekolah non-formal. Tidak banyak dari kalian yang menempuh pendidikan yang satu ini, bukan? Kalian yang menempuh jalur yang satu ini tidak perlu pergi ke sekolah setiap hari. Tentu saja, hal ini dikarenakan pendidikan yang kalian tempuh bukanlah pendidikan yang formal.
Pendidikan yang satu ini biasanya ditempuh oleh kalian yang mengalami masalah atau alasan pribadi hingga tidak dapat menempuh pendidikan formal. Akan tetapi, kalian yang menemupub pendidikan dengan cara seperti ini perlu mengetahui bahwa pendidikan ini dapar setera dengan pendidikan formal.
Tepat sekali, jenis pendidikan yang satu ini akan menjadi setara dengan pendidikan formal apabila kalian berhasil lulus dalam tes khusus yang disediakan oleh lembaga daerah. Biasanya tes ini kalian kenal dengan nama paket A, paket B, dan paket C. Paket ini diberikan oleh pemerintah agar kalian yang menempuh pendidikan dengan jalur ini memiliki kesempatan yang sama dengan mereka yang menempuh pendidikan formal.

Pendidikan Informal

Kalian yang membaca artikel yang satu ini mungkin tidak familiar dengan pendidikan yang satu ini. Hal ini mungkin dikarenakan sebagian besar masyarakat sering menyamakan pendidikan ini dengan pendidikan non-formal. Akan tetapi, kini artikel yang satu ini akan membuat kalian mengetahui perbedaan antara pendidikan informal dan nonformal.
Perbedaan kedua jenis pendidikan ini terletak pada tempat belajar. Bila pada pendidikan nonformal pembelajaran ditempuh secara berkelompok atau pada tempat latihan bersama maka pada pendidikan informal kalian belajar dalam lingkungan keluarga atau secara mandiri. Namun, tenang saja pendidikan yang satu ini dapat setara dengan pendidikan formal setelah kalian melalui tes dengan standar nasional pendidikan ya, guys!
Nah, kini kalian telah mengetahui pendidikan yang ada pada negara kita ini. Kalian yang sedang membaca artikel ini, kini pasti dapat memutuskan serta menentukan jenis pendidikan mana yang akan jauh lebih menguntungkan dan menyenangkan untuk kalian tempuh, bukan?