Jenis Beasiswa Pendidikan 2020 Di Indonesia


Jenis Beasiswa Pendidikan 2020 Di Indonesia – Beasiswa merupakan salah satu bagian penting dari pendidikan modern saat ini. Hal ini seiring dengan  kesadaran masyarakat terhadap pentingnya pendidikan demi kemajuan bangsa dan kehormatan negara di mata dunia.
Jenis Beasiswa Pendidikan 2020 Di Indonesia

Tentunya Anda sudah tidak lagi heran bila saat ini semakin banyak ditemui beasiswa pendidikan 2020 dari berbagai info yang diberikan oleh guru, situs internet, dan lain-lain. Beasiswa ini biasanya diperoleh dari pemerintah, perusahaan ataupun yayasan. Diberikan kepada perorangan untuk keberlangsungan pendidikan yang ditempuh dengan syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi oleh si pelamar beasiswa. Menurut jenis-jenisnya, beasiswa dibagi menjadi beberapa macam, sebagai berikut:

Dari Segi Jenjang Pendidikan
Secara garis besar, beasiswa pendidikan 2020 terbagi menjadi 2 yakni, beasiswa sekolah dan beasiswa universitas. Untuk beasiswa sekolah umum atau konvensional yang meliputi Taman Kanak-Kanan (TK), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) atau dan sekolah berbasis Islam, antara lain; Raudatul Atfal (RA), Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA). Sedangkan untuk jenjang universitas atau perguruan tinggi meliputi dari tingkat Diploma, Sarjana Strata 1 (S1), Pascasarja Strata 2 (S2), Magister, MBA dan Strata 3 atau program Doktoral.

Menurut Segi Cakupan Pembiayaan
Dari segi cakupan pembiayaan, dibagi menjadi 2 jenis yakni; beasiswa parsial dan beasiswa penuh. Beasiswa parsial merupakan beasiswa atau bantuan dana yang berguna untuk menutupi biaya studi saja. Sedangkan beasiswa penuh merupakan bantuan dana keseluruhan pelajar ataupun mahasiswa yang mencangkup biaya pendidikan, kos, kebutuhan pokok dan lain-lain.

Segi Penyandang Dana
berdasarkan sumber pendanaan, beasiswa pendidikan 2020 saat ini semakin luas, bisa diperoleh dari negara maupun swasta. Negara sebagai pemberi beasiswa biasanya berupa program pertukaran pelajar antar negara atau disebut juga Students/cultural exchange. Sedangkan swasta umumnya berasal dari perusahaan besar dan yayasan.

Menurut Segi Waktu
Dari kedua jenis beasiswa diatas, baik beasiswa parsial maupun beasiswa penuh memiliki dua tipe yaitu beasiswa per semester atau beasiswa sampai menyelesaikan studi. Untuk tipe beasiswa per semester Anda bisa memperpanjang beasiswa dengan syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi.

Segi Pemberian Beasiswa
Dana bantuan beasiswa ini diberikan berdasarkan pada beberapa hal antara lain; beradsarkan agama, prestasi yang diperoleh, beasiswa jurusan tertentu dan ketidakmampuan finansial orang tua.  Beasiswa jenis ini merupakan beasiswa yang paling banyak ditemui sejak di jenjang Sekolah Dasar (SD) sampai perguruan tinggi.

Segi Lokasi Belajar
Berdasarkan lokasi belajar, beasiswa pendidikan 2020 bisa diperoleh dari dalam negeri maupun luar negeri. Bila di dalam negeri beasiswa diperoleh dari  institusi resmi pemerintah dan perusahaan swasta, maka beasiswa luar negeri dibiayai langsung dari pemerintah dan institusi perguruan tinggi dimana beasiswa itu berasal.

Telah kita ketahui beberapa waktu terakhir ini, beasiswa mulai banyak diincar oleh banyak siswa maupun mahasiswa. Sehingga tak jarang, persaingan cukup ketat dari satu sekolah atau pun berbagai daerah. Tentunya bila berhasil lolos, akan menjadi kebanggaan tersendiri untuk untuk keluarga.

Apalagi syarat utama yang harus dipenuhi, yaitu nilai harus diatas KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal), perilaku, keaktifan di ruang kelas serta kerajinan. Bahkan ada pula syarat bagi calon penerima beasiswa harus mengikuti tes terlebih dahulu. Hal ini untuk membuktikan kepantasan sebagai penerima beasiswa.

Untuk mengakses informasi terkait beasiswa pendidikan 2020, Anda bisa mengunjungi beberapa situs terpercaya di internet untuk mendapatkan informasi tersebut. Atau bisa juga dengan bertanya pada guru, dosen, dan penerima beasiswa yang telah berpengalaman. Hal ini untuk menghindari adanya penipuan.