Cara Menjadi Guru Inovatif Di Era Milenial

Cara Menjadi Guru Inovatif Di Era Milenial


Guru merupakan pekerjaan yang sangat mulia karena nasib anak-anak penerus bangsa ditentukan oleh guru. Untuk itu menjadi guru juga bukan hal yang mudah karena masa depan bangsa juga tergantung dari mereka. Menjadi guru bukan hanya sebatas berbekal ilmu pengetahuan saja namun guru juga harus memiliki kesabaran yang tinggi, pantang menyerah, gigih dan juga inovatif. Guru yang inovatif tentunya akan membuat suasana kelas menjadi lebih hidup dengan adanya interaksi antara siswa dan juga guru. Dengan menjadi guru yang inovatif diharapkan siswa menjadi lebih semangat dan nyaman dalam menjalankan proses belajar di kelas.

Untuk menjadi guru yang inovatif tentunya ada beberapa hal yang wajib anda lakukan. Beberapa hal tersebut sudah saya tuliskan di bawah ini untuk anda baca, penasaran dengan apa saja sih cara menjadi guru inovatif di era milenial? Silahkan langsung saja anda baca di bawah ini.

Memiliki Sikap Interaktif

Untuk menjadi guru yang inovatif tentunya anda sebagai guru harus memiliki sikap yang interaktif di dalam kelas. Dalam penyampaian materi yang akan diberikan kepada murid tentunya sikap interaktif ini sangat diperlukan. Harapannya di dalam kelas guru bukan hanya memberikan materi saja di depan kelas, namun guru juga harus bisa meningkatkan semangat serta antusias dari para murid kepada materi yang disampaikan oleh gurunya.

Jangan Menjadi Guru Yang Monoton

Dalam melakukan pembelajaran di kelas sebaiknya guru jangan monoton. Monoton disini artinya itu-itu saja. Cobalah untuk melakukan pembelajaran dengan cara yang baru dan lebih fresh supaya murid-murid anda di kelas tidak merasa bosan atau bahkan ngantuk di dalam kelas. Anda bisa mencoba dengan menyisipkan permainan-permainan dikala menyampaikan materi pembelajaran tentunya murid akan tidak merasa bosan atau ngantuk di dalam kelas.

Mampu Mengetahui Potensi Murid

Mengetahui potensi dari para siswa merupakan salah satu cara menjadi guru inovatif berikutnya. Setiap siswa tentunya memiliki karakteristik dan potensi yang berbeda-beda. Misalnya ada murid yang mempunyai potensi di bidang olahraga, ada juga yang memiliki potensi di bidang musik, ada juga yang berpotensi di bidang seni. Dengan memahami potensi-potensi yang dimiliki oleh murid tentunya guru akan semakin gampang dalam mengarahkan para murid untuk menggali potensi-potensi yang dimiliki masing-masing.

Memiliki Wawasan Yang Luas

Guru wajib memiliki pengetahuan atau wawasan yang luas. Untuk itu guru bukan hanya fokus kepada materi pelajaran yang akan diajarkan kepada para peserta didik, namun guru juga harus mengetahui ilmu pengetahuan yang lainnya. Untuk itu sebagai guru anda harus rajin-rajin membaca buku, mengikuti kegiatan. Dengan membaca buku tentunya bisa menambah wawasan untuk anda, selain itu mengikuti kegiatan juga bisa menambah pengalaman.

Memiliki Minat Yang Besar Untuk Menulis

Membaca dan menulis merupakan suatu hal yang tidak bisa dipisahkan. Guru yang inovatif tentunya akan memiliki minat yang besar untuk menulis, dengan rajin-rajin menulis tentunya guru akan menyadari tajamnya sebuah makna yang terkandung di sebuah kata sehiingga dalam penyampaian materi yang diberikan di kelas akan sarat dengan makna yang mendalam.
Yang terpenting guru harus ingat jika tugas dari mereka bukan hanya sebatas mentransfer ilmu tetapi juga harus bisa mentransfer nilai karakter yang berbudi kepada para siswa. Nah itulah beberapa cara menjadi guru inovatif yang bisa anda terapkan di kehidupan anda.