Cara Belajar Efektif Di Rumah Selama Pandemi Covid-19

Bagi anda yang mengalami kesulitan untuk bisa efektif dalam belajar di rumah selama pandemi Covid-19, sebaiknya anda simak beberapa ulasan dibawah ini mengenai tips belajar efektif di rumah yang sudah saya tuliskan.

Cara Belajar Efektif Di Rumah Selama Pandemi Covid-19

brodanni.com - Adanya wabah Pandemi Covid-19 membuat proses belajar mengajar di Indonesia diubah dari pertemuan tatap muka menjadi belajar online. Tentu saja banyak siswa yang belum siap untuk melaksanakan proses belajar mengajar secara online. Banyak juga para siswa yang tidak bisa belajar secara efektif di rumah selama Pandemi Covid-19 ini. Lalu bagaimana sih cara belajar efektif di rumah selama Pandemi Covid-19?

Cara Belajar Efektif Di Rumah Selama Pandemi Covid-19

Tips Belajar Efektif Di Rumah

Bagi anda yang mengalami kesulitan untuk bisa efektif dalam belajar di rumah selama pandemi Covid-19, sebaiknya anda simak beberapa ulasan dibawah ini mengenai tips belajar efektif di rumah yang sudah saya tuliskan.

1.    Menentukan Waktu Belajar

Bedanya belajar online dengan belajar tatap muka adalah pada waktu pelaksanaanya. Sebenarnya lebih enak belajar secara online sebab kita bisa bebas mengatur kapan kita ingin belajar dan kapan kita ingin istirahat. Namun jangan sampai kita tidak menentukan waktu belajar ya, karena jika kita tidak membuat jadwal belajar yang ada malah kita akan keteteran selama belajar di rumah.

2.    Manfaatkan Teknologi Yang Ada

Selama belajar di rumah Anda bisa memanfaatkan teknologi yang ada di rumah untuk mendukung proses belajar anda. Anda bisa memanfaatkan smartphone atau gadget yang anda miliki untuk memperluas pengetahuan materi yang mungkin tidak diberikan oleh guru. Jika anda masih belum paham mengenai materi yang diberikan oleh guru, Anda bisa memanfaatkan smartphone anda untuk mencari pengetahuan tambahan yang lebih jelas terkait materi atau sesuatu yang Anda bingung kan tersebut.

3.    Belajar Kelompok Secara Online

Terkadang ada orang yang lebih nyaman belajar dengan cara belajar kelompok. Nah jika anda termasuk orang yang lebih nyaman belajar dengan cara berkelompok, Anda masih bisa melakukan hal tersebut di saat pandemi Covid-19 ini melanda. Anda bisa melakukan belajar kelompok secara online melalui video call menggunakan aplikasi conference call seperti zoom atau WhatsApp.

4.    Siapkan Camilan

Salah satu kendala ketika belajar online adalah kurang fokus ketika sudah lama menatap layar smartphone atau komputer. Nah untuk membuat kita kembali fokus, anda bisa mengakalinya dengan menyiapkan camilan atau makanan ringan untuk menemani anda selama belajar online di rumah. Anda juga bisa menyiapkan kopi atau jika anda memang suka kopi agar lebih fokus dalam mengerjakan atau belajar.

5.    Siapkan Koneksi Internet Yang Memadai

Hal terpenting agar belajar dirumah efektif tentu saja adalah harus menyiapkan koneksi internet yang memadai. Bagaimana kita bisa belajar online di rumah jika tidak ada koneksi internet? tidak bisa kan. Nah untuk itu anda harus mempersiapkan provider atau penyedia layanan internet yang memadai untuk bisa menunjang aktivitas belajar online di rumah. Saat ini banyak provider yang menawarkan koneksi internet murah dengan kuota yang melimpah, tinggal anda pintar-pintar dalam memilih provider internet yang mana sesuai kebutuhan anda.

6.    Menentukan Media Belajar Yang Tepat

Cara belajar efektif di rumah yang terakhir adalah anda harus bisa menentukan media belajar mana yang tepat. Misalnya anda lebih mudah memahami pembelajaran jika lewat video, maka anda bisa mengandalkan youtube. Atau anda bisa menggunakan media belajar lainnya.
Nah itulah beberapa tips belajar efektif di rumah yang bisa anda coba. Kita berdoa saja semoga pandemi covid-19 ini segera berakhir sehingga aktivitas belajar tatap muka kembali bisa dilakukan. Semoga bermanfaat.